Bukan Hanya Memadamkan Api, Begini Tugas Dinas Damkar dan Penyelamatan Parepare Untuk Membantu Warga

Bagikan Kepada Orang Lain Agar Pengetahuannya Bertambah

Bekerja tanpa batas, itulah kalimat yang pantas dialamatkan bagi petugas Pemadam kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Bagaimana tidak, bukan hanya urusan memadamkan kobaran api yang menjadi tanggung jawabnya, akan tetapi mengevakuasi ular, biawak, kucing yang terjebak, memusnahkan sarang tawon, membereskan saluran air yang tersumbat, menyalurkan bantuan air bersih, menangani cincin yang sulit terlepas, hingga terlibat pada operasi Search And Rescue atau SAR, sudah menjadi rutinitas biasa bagi Ksatria biru atau julukan bagi petugas pemadam kebakaran ini.

Kamis (20/1/2022), sekira pukul 10 Wita pagi, petugas piket Sistem Informasi Layanan Peduli Pengaduan, Penanggulangan dan Penyelamatan (SILP4) Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kota Parepare, teleponnya baru saja berdering. Tentu deringan telepon itu adalah merupakan alarm panggilan dari warga yang membutuhkan bantuan.

Benar saja, seorang yang bernama Syukur, warga Jalan Puang. Midding, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, dengan suara yang sedikit panik melaporkan jika di lingkungan tempat ia bermukim, ada seekor ular hitam sekira panjang 2 meter masuk ke pekarangan rumah warga.

Syukur, warga yang menyampaikan aduan melalui pelayanan Prima “SILP4” Damkar Parepare, meminta agar ular hitam itu segera dievakuasi, karena dapat membahayakan warga.

“Ini sangat membahayakan, karena ukuran ular itu lumayan besar pak, panjangnya hampir dua meter,” ujarnya.

Selain itu, Syukur mengungkapkan, dengan adanya pelayanan prima “SILP4” Damkar Parepare, masyarakat sangat terbantu.

“Pelayanannya itu cepat pak, saya melakukan pengaduan, tidak lama Tim Damkar sudah tiba di lokasi. Saya harap ini dipertahankan oleh Damkar Parepare, karena sangat membantu,” harapnya.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelamatan dan Evakuasi Korban Damkar Parepare, Wahidin Syanur mengatakan, ular hitam panjang kurang lebih 2 meter akan dilepas liarkan.

“Ular Hitam, panjang kurang lebih dua meter. Ini sempat membuat panik warga, dan kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melepas liarkan ular hitam yang baru saja dievakuasi oleh Tim Penyelamatan Damkar Parepare,” jelasnya.

Berselang tak lama usai mengevakuasi ular, petugas Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Parepare, lalu bergegas menuju ke Jalan Andi Makkasau Timur, Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang, Parepare, untuk membantu petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), melakukan pengerukan dan pembersihan drainase yang tersumbat.

Di lokasi, terlihat Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Parepare, Abdul Waris Muhiddin, Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Parepare, Syafruddin Sjam, Kepala Seksi (Kasi) Penyelamatan dan Evakuasi Korban Damkar Parepare, Wahidin Syanur memimpin langsung kegiatan pembersihan kota, dengan melakukan pengerukan dan penyemprotan air ke drainase tersumbat itu.

Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Parepare, Syafruddin Sjam mengatakan, kegiatan ini dilakukan, itu instruksi dari Wali kota Parepare, HM Taufan Pawe.

“Kegiatan hari ini, instruksi dari Bapak Wali kota Parepare, HM Taufan Pawe, untuk dilakukan pengerukan dan pembersihan pada saluran drainase, seperti yang kita lihat hari ini, drainase ini tersumbat, sehingga airnya tergenang dan tidak mengalir, kegiatan ini kita bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup, untuk mengantisipasi banjir saat hujan deras,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penyelamatan dan Evakuasi Korban Damkar Parepare, Wahidin Syanur mengimbau kepada warga, untuk turut menjaga kebersihan saluran air dilingkungan tempat tinggal masing-masing agar tidak menyebabkan drainase tersumbat, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami mengimbau, warga juga bisa melakukan gotong royong membersihkan secara berkala saluran drainase untuk mengantisipasi tumpukan sampah yang dapat mengakibatkan drainase tersumbat,” imbuhnya.

Bagikan Kepada Orang Lain Agar Pengetahuannya Bertambah
KentCorp
KentCorp
Articles: 6